Enam tahun setelah kejadian di Biohazard 2, mantan opsir polisi Raccoon City, Leon S. Kennedy (Paul Mercier) dikirim dalam sebuah misi...

#InfluentialHorror - Biohazard 4 (PC)


Enam tahun setelah kejadian di Biohazard 2, mantan opsir polisi Raccoon City, Leon S. Kennedy (Paul Mercier) dikirim dalam sebuah misi untuk menyelamatkan Ashley Graham (Carolyn Lawrence), anak perempuan President Amerika Serikat, yang diculik oleh komplotan misterius. Leon menjelajahi desa terpencil di Spanyol. Di sana terdapat sekelompok penduduk ganas yang bekerja untuk Los Illuminados ("Penerima Pencerahan" dalam bahasa Spanyol). Kelompok inilah yang menculik Ashley.

Installment keempat dari Biohazard (Resident Evil) series ini cukup punya tempat di hati para gamer di Indonesia. Biohazard 4 awalnya dirilis untuk konsol GameCube di tahun 2005. Kemudian, Biohazard 4 pun diport ke PS2, PC, Wii dan beberapa platform lainnya. Di Indonesia sendiri video game ini lebih populer dan dikenal karena banyak tersedia di platform PS2 dan PC.

Setelah port untuk PS2 dirilis dengan beberapa fitur bonus di tahun yang sama dengan versi originalnya, sebuah port untuk platform PC Biohazard 4 yang dikembangkan oleh Sourcenext dirilis di Hong Kong tahun 2007 oleh Typhoon Games. Kemudian port ini dirilis juga di Eropa, Amerika Utara dan Australia oleh Ubisoft. Biohazard 4 versi PC memiliki fitur bonus seperti di PS2 yang tidak ada di versi GameCube. Fitur ini diantaranya adalah mini game "Separate Ways", senjata P.R.L. 412 laser cannon, sebuah set tambahan kostum Leon and Ashley, serta sebuah easy difficulty mode. Versi PC ini juga mendukung berbagai resolusi widescreen.

Berikut ini adalah unlockables yang ada di Biohazard 4 versi PC.

Costumes
=======
Ashley Special 1: Tamatkan game satu kali.
Ashley Special 2: Tamatkan misi Separate Ways.
Leon Special 1: Tamatkan game satu kali.
Leon Special 2: Tamatkan misi Separate Ways.

Extra Weapons
==========
Handcannon: Dapatkan 5 stars rank di semua stage Mercenaries dengan semua karakter.
Infinite Rocket Launcher: Tamatkan game satu kali.
Matilda: Tamatkan game satu kali.
P.R.L. 412 Laser Cannon: Tamatkan game satu kali di Professional mode.

Extras
=====
Alternate Title Screen: Tamatkan game satu kali.
Assignment Ada: Tamatkan game satu kali.
Mecenaries: Tamatkan game satu kali.
Movie Browser: Tamatkan game satu kali.
Professional Mode: Tamatkan game satu kali dengan setting Normal difficulty.
Separate Way: Tamatkan game satu kali
Chicago Typewriter (main game): Tamatkan misi Separate Ways.
Chicago Typewriter (Separate Ways): Tamatkan Assignment Ada.

Mecenaries Characters
================
Ada: Tamatkan stage Village dengan setidaknya 4 stars rank.
HUNK: Tamatkan stage Military dengan setidaknya 4 stars rank.
Krauser: Tamatkan stage Castle dengan setidaknya 4 stars rank.
Wesker: Tamatkan stage Waterworld dengan setidaknya 4 stars rank.

Beberapa walkthrough untuk versi PC dapat ditemukan online. Salah satunya dapat ditemukan di www.hotgame-online.com/walkthrough/resident-evil-4/.

Rating port untuk PC tidak setinggi port untuk platform lain. Versi PC dinilai buruk dari segi kontrol keyboard yang sulit dan tidak adanya support mouse untuk menggerakkan kamera. Selain itu, kualitas cut scene FMV-nya kurang bagus dan render grafis gambarnya secara keseluruhan kurang memiliki bayangan dan pencahayaan yang memadai. Adapun, sebuah patch yang bernama Version 1.10 dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencahayaan tersebut. Gamepad sangat dibutuhkan untuk memunculkan pengalaman bermain yang lebih baik dan ketepatan bidikan Leon. Di samping masalah-masalah tersebut, situs-situs pengulas video game seperti IGN dan GameSpot tetap memuji gameplay-nya.

Biohazard 4 dinyatakan sebagai salah satu game paling berpengaruh di tahun 2000-an, karena memperkenalkan sistem offset kamera yang tidak menghalangi pemain untuk menikmati aksi dalam sudut pandang orang ketiga. Alterasi gaya gameplay yang barun juga belum pernah muncul di seri sebelumnya. Sudut pandang 'kamera bahu' yang diperkenalkan di Biohazard 4 kemudian menjadi standar dalam game-game third-person shooters, dari mulai Gears of War sampai Batman: Arkham Asylum. Ini juga menjadi standar sudut pandang untuk fitur ketepatan sasaran di Dead Space dan Grand Theft Auto (GTA).

Dengan menekankan reflek dan ketepatan sasaran, Biohazard 4 menambahkan kesan baru dalam genre survival horror game, sehingga memperluas gameplay RE series dengan elemen action game yang lebih luas. Bagaimanapun, ini juga menyebabkan para reviewer  berpendapat bahwa serial Biohazard telah meninggalkan genre survival horror dengan sedikitnya ciri khas dari genre tersebut karena elemen action yang lebih banyak.

Credits

Para user gamefaqs
- sephirosuy
- Inquisitorphil

References

- http://www.gamefaqs.com/pc/931851-resident-evil-4/cheats
- http://en.wikipedia.org/wiki/Resident_Evil_4
- www.hotgame-online.com/walkthrough/resident-evil-4/