'Pohon harapan' itu apa ya namanya? Sial, gue lupa. Hello, minna. Sabtu kemaren gue dateng ke suatu event bernama Japan Educ...

Event Review(?) - Japan Education Exhibition UNIKOM

'Pohon harapan' itu apa ya namanya? Sial, gue lupa.
Hello, minna. Sabtu kemaren gue dateng ke suatu event bernama Japan Education Exhibition (JEE) di UNIKOM. Tau event ini dari orang-orang di Daigaku no Shumi Kurabu UPI. Malah tadinya mau berangkat bareng sama mereka, tapi paginya gue mesti ke sekolah tempat gue PPL untuk ngasihin soal UTS. Jadi, ya apa boleh buat, ga jadi bareng.

Banyak lomba yang diadain di event ini, mulai dari cosplay, costreet, character design, papercraft (kalo ga salah), otaku battle, dan lain-lain. Pas liat ada lomba character design, tadinya gue ada niat mau ikutan, eh tapi taunya itu buat SMA aja. Sementara itu, yang perform di acara ini yang gue inget ada D'ark Angel, Menara Oza, Kisetsu, Senba Band, Souran Bushi sama Souran Samurai.

Gue jadinya ke sana habis dzuhur sama temen gue yang sebut saja Andi karena namanya emang Andi (Naon sih, Dan. -__-). Oh ya, gue sama orang ini ngebentuk music project bernama Sightseeing. Dia juga bassist yang pernah maen bareng gue di jamming project band Coffin Struggle waktu tahun 2008-an. Kalo penasaran sama Sightseeing dan Coffin Struggle, silakan klik link-nya. Tadinya ke event ini mau ngajak juga temen kuliah, cuma katanya lagi ada acara, terus mau ngajak ade, tapi dianya kayaknya cape dan ketiduran.

Perjalanan ke TKP rada terhambat karena gue dan Andi sama-sama ngedadak amnesia secara mistis kalo berkendara pake motor buat keluyuran di Bandung itu mesti bawa helm dua. Alhasil, kami ngambil helm dulu ke rumah uwanya Andi.

Setelah nyampe TKP, ternyata di karang(?) UNIKOM udah banyak cosplayer tengah baku hantam. Eh engga ketang, ma'enya baku hantam teh. Becanda. Mereka mah bercosplay ria dengan damai, dan lumayan crowded kelihatannya.

Kami pun memutuskan untuk mencari tempat parkir motor. Iyalah, ma'enya masuk pake motor ke sana tuturubun ngageleng para cosplayer innocent itu :(. Terus, Andi bilang, "Parkir di O2 weh," and I was like, "O2? O2 Jam? ... Oke." Pas udah markir motor, ada semacam tukang jaga parkir yang nanya. Gini kira-kira:

Tukang jaga parkir: Ke gim?
Gue: Hah? Gym? Ke O2.
Tukang jaga parkir: Ke gim?
Gue: O2... *took a glance ke arsitektur bangunan yang ada di depan gue* ... ('Gim?', oh maksudnya 'game' ya, Bang. -_-)

Ternyata O2 ini adalah tempat game online yang pernah jadi markas Andi. Parkirannya khusus buat yang mau maen game di sana. Gue sama Andi secara natural beralibi masuk dulu ke sana bentar terus keluar lagi. Kebetulan ada space parkir kosong di seberang jalan, jadi yaudah pindah. Setelah di luar, Andi berkomentar kalo tadinya dia mau maen dulu di dalem, dan udah ga ada lagi temen-temennya yang maen di sana.

Salah satu cosplay pertama yang kami lihat pas masuk ke acara ini adalah cosplay Brook dari One Piece. Kata si Andi sih yang cosplay panitia dari Bandung Hobbies Festival yang diadain dulu (kalo mau liat foto-foto pas gue ke sana, klik di sini). Tapi gue bahkan ga inget mukanya. Kelihatannya ada dua 'gerbang' buat masuk ke acaranya. Yang pertama, gerbang atas. Cuma kayaknya isinya para cosplayer semua. Jadi kami masuk kedua, gerbang bawah, yang ada tulisan no smoking.

Selain pohon kering yang dipajang di luar, di dalem ada stand-stand menarik. Ada yang jual merchandise/aksesoris anime (kebanyakan kipas keliatannya), poster, makanan, konsul studi ke Jepang, sharing/beli(?) anime, dan lain-lain. Sesudah terowongan yang ada stand-stand itu baru lah nyampe di depan panggung. Pas kami nyampe sana pas ada anak-anak kecil cewe yang mau perform tari khas daerah. "Loli" pun otomatis terbersit di pikiran, dan bener aja ada orang yang nyeletuk bilang "loli" di depan gue.

Berseberangan dengan panggung ada banner sederhana dari komunitas cosplayer Cimahi, dengan motonya yang ada 'dulur'-nya, gue lupa. Ruangan-ruangan di deket banner itu juga kayaknya cuma dipake buat ganti pakean cosplay. Banyak juga yang costreet pada nonton panggung. Ada kursi-kursi juga buat nikmatin perform yang manggung di sana.

Setelah para loli itu tampil, ada semacam pertunjukan teater Sunda dari grup bernama Menara Oza. Unik juga, namanya "Oza" yang terkesan Jepang, ngebawain pertunjukan teater Sunda. Setelah itu ada penampilan akustik yang jazzy dari Souran Samurai kalo ga salah. Entah di sela itu atau sesudah itu, diumumin juara-juara character desain yang kebanyakan didapetin sama SMA 2 Bandung. Sayangnya gambar-gambarnya ga ditunjukkin ke penonton. Terus diumumin juga juara costreet yang didapetin sama seseorang yang cosplay jadi Erza Scarlet dengan dandanan yang rada seksi, ditemani sepertinya teman-temannya, Lucy dan sepertinya-orang-ini-bermaksud-cosplay-jadi Natsu yang obesitas gondrong, err... gokil juga sih.

Jazzy.
Udah itu kami pun pulang weh. Yah, lumayan juga acara ini, ngisi weekend. See ya next event!

External info:
- Facebook: Japan Education Exhibition UNIKOM (Official Fan Page)
- Twitter: @himasaja_unikom

0 respon: