Salah satu jurinya crossdress jadi Maleficent, lol. This is hilarious. Gomu-Gomu no Matsuri V adalah sebuah j-event tahunan yang disel...

Event Review - Gomu-Gomu no Matsuri V & Write in NaNoWriMo

Salah satu jurinya crossdress jadi Maleficent, lol. This is hilarious.
Gomu-Gomu no Matsuri V adalah sebuah j-event tahunan yang diselenggarakan secara rutin di SMA 2 Bandung. Untuk tahun ini, diadakan tanggal 16 November 2014. Dengan HTM Rp. 5.000, para pengunjung dapat masuk ke area event dan menikmatinya dari jam sepuluh pagi sampai sekitar jam lima sore (katanya). Entah pastinya sampai jam berapa, soalnya gue nggak ngikutin event ini sampai akhir karena ada acara di tempat lain, yaitu gathering Write in NaNoWriMo. Oh ya, ada semacam kotak undian yang bisa dicoba secara gratis sesudah kita beli tiket masuk di dekat gerbang. Hadiah yang ditawarkan bermacam-macam, dari mulai pin sampai minuman. Sayangnya waktu gue ambil undian isinya masih belum beruntung, jadi nggak dapet apa-apa. ;]

Acara dibuka dengan penampilan sebuah band j-rock yang bernama Rebirth. Mereka sempat bilang, "Ada yang suka nano?", tapi berhubung gue nggak tau nano itu apaan, I was like, "Nano? NaNoWriMo?" Jadi nggak banyak kesan yang gue dapet. Gue juga nggak sempet ambil foto. Meski begitu, permainan mereka sangat bagus sebagai band pembuka. Selain itu, mereka juga keliatan udah punya fanbase sendiri di antara crowd yang nonton.

Setelah Rebirth tampil, ada beberapa penampilan cosplay individu. Pertama muncul Kaneki dengan BGM Unravel, lalu Kenshin Himura dengan Sobakasu. Berikutnya ada dua cosplay karakter dari Naruto series, yaitu Naruto dan Asuma. Ada beberapa peserta lain yang seharusnya tampil. Namun pada saatnya mereka harus tampil, mereka malah tidak hadir di tempat. Jadi sayang sekali mereka harus kena diskualifikasi. Penampilan cosplay individu pun ditutup dengan penampilan cosplay Noel Vermiliion dari BlazBlue.


Yang paling notable sih yang cosplay jadi Naruto. Dia bikin beberapa tipe rasengan, dari mulai yang kecil, besar, sampai shuriken. Reception dari penonton pun sangat baik, walhasil cosplay inilah yang dapet tepuk tangan paling meriah.

Acara sempat tertunda karena hujan yang mengguyur. Untungnya di sekitar sana banyak bangunan sekolah tempat berteduh. Setelah hujan reda, acara pun berlanjut dengan lomba makan ramen. Lomba ini dipandu oleh vokalis band Livera, salah satu guest star acara ini yand dulu sempet tampil di Bandung Japan Festival. Pesertanya dipilih secara semi-random dari penonton.


Lomba ramen selesai, giliran cosplay kabaret tampil. Ada seorang temen gue yang ikut di salah satu timnya. mereka membawakan cosplay kabaret berdasarkan movie kedua Rurouni Kenshin. Foto-fotonya bisa dilihat di bawah.


Di event ini gue ketemu sama Kang Dendi Lanjung, author karakter Salvatore Jackson yang saat ini sedang berkompetisi di turnamen Battle of Realms. Mau ngajak Kang Dendi juga sebenernya ke event Write ini NaNoWriMo karena kebanyakan yang kumpul anak-anak Battle of Realms juga, tapi Kang Dendi juga kumpul dulu dengan komunitasnya. Gue juga di sana kumpul dulu sama anak-anak Daishiku UPI seperti biasa, sih. Jadi setelah penampilan kabaret temen gue itu gue pamit pergi duluan ke tempat kumpul NaNoWriMo.

Awalnya gue kira acara Write in NaNoWriMo ini bakalan ada diskusi panel yang rigid dan formal, tapi ternyata nggak juga. Malah lebih santai. Jadi di acara ini para penulis bisa ngobrol-ngobrol, bahkan mingle secara akrab dan nulis bareng di tempat. Berhubung gue nggak bawa alat nulis ya gue cuma ngobrol, kemudian ikut foto-foto juga pastinya, hehe. Tetep seru sih meski singkat dan nggak terlalu banyak yang dateng. Sekian dulu deh event review kali ini. See you  next post!