Fatal Frame, atau Project Zero di Eropa dan Zero di Jepang, adalah serial video game psychological horror yang sejauh ini telah menc...

#InfluentialHorror - Project Zero


Fatal Frame, atau Project Zero di Eropa dan Zero di Jepang, adalah serial video game psychological horror yang sejauh ini telah mencapai lima seri. Adapun sebuah  spin-off di platform hand-held and sebuah remake untuk serinya yang ke-2 menjadi tambahan untuk seri video game ini.

Berbagai macam seri video game Fatal Frame dapat dinikmati di konsol PlayStation 2, Xbox, Wii, Nintendo 3DS dan Wii U. Oh ya, kabarnya film berdasarkan seri game ini yaitu Gekijoban Rei ~Zero~, sudah dirilis pada tanggal 26 September 2014. Ada yang udah nonton?

Fatal Frame dibuat sedemikian rupa oleh Tecmo sehingga menghadirkan gameplay yang unik, player harus uhan menjelajah dan mengambil foto hantu yang ada untuk bisa menyelesaikan permainan. Fotonya diambil oleh sebuah kamera antik bernama Camera Obscura yang dapat menangkap gambar-gambar arwah.

Eksplorasi yang ditawarkan oleh seri game ini cukup variatif. Dibagi dalam beberapa chapter, player dapat menjelajahi tempat berhantu dengan bantuan banyak item dan petunjuk yang sangat membantu. Terkadang ada pula pintu-pintu terkunci yang perlu dibuka secara khusus oleh player.

Player dapat melakukan save game di save point yang disediakan. Tapi, jika ada hantu yang muncul di area itu, maka player tidak akan bisa melakukan save sebelum hantunya menghilang.

Pertarungan dengan hantu menggunakan Camera Obscura pun dibuat layaknya bertarung menggunakan senjata api dari sudut pandang orang pertama. Ada kalanya kamera ini membutuhkan waktu reload. Tipe amunisi film yang digunakan kamera juga menentukan seberapa besar damage pada hantu yang difoto. Mengalahkan hantu akan memberikan player spirit point yang dapat digunakan untuk mengupgrade kamera.

Camera obscura yang digunakan di Fatal Frame.

Main series

Fatal Frame (2001)

Selain dirilis di PS2, game pertama Fatal Frame ini juga diport ke Xbox. Banyak fitur baru di versi Xbox. Di versi ini, grafiknya lebih halus, lebih banyak kostum dan hantu baru. Ada juga "Fatal Mode" yang dapat didapatkan setelah menamatkan permainan dan sebuah ending baru eksklusif untuk versi ini.


Fatal Frame II: Crimson Butterfly (2003)

Seri kedua. Pertama kali dirilis di konsol PS2 di tahun 2003, sebuah Director's Cut edition kemudian dirilis di Xbox di tahun 2004. Seperti port Xbox Fatal Frame pertama, di Director's Cut edition ada ending dan kostum-kostum baru. Peningkatan dan update juga dilakukan pada grafik dan gameplaynya. Contohnya adalah adalnya first-person play mode dan survival mode.

Game ini pun akhirnya diremake di konsol Wii dengan judul Project Zero 2: Wii Edition di tahun 2012. Semua fitur versi Xbox ada di remake ini, dengan tambahan dua ending baru dan peningkatan grafik, sudut kamera, voiceover serta gameplay yang dibuat mendekati seri keempat, Zero: Tsukihami no Kamen (2008).


Fatal Frame III: The Tormented (2005)

Seri ketiga ini mengunjungi kembali lokasi-lokasi yang ada di seri pertama dan kedua. Karakter baru dan lama pun muncul di game ini, demikian pula dengan lokasi baru.


Zero: Tsukihami no Kamen (2008)

Seri keempat Fatal Frame yang dikembangkan untuk konsol Wii oleh Tecmo, Nintendo dan Grasshopper Manufacture.


Zero: Nuregarasu no Miko (2014)

Seri kelima Fatal Frame yang dirilis eksklusif di Wii U. Game ini telah dirilis di Jepang pada tanggal 27 September 2014. Ini adalah salah satu dari empat bagian project Fatal Frame terbaru. Tiga bagian lainnya adalah sebuah film live-action, manga dan novel.

 

Spin-offs

Real: Another Edition (2004)

Real: Another Edition adalah spin-off Fatal Frame untuk mobile yang hanya dirilis di Jepang. Uniknya, di game ini kamera HP yang digunakan sebagai camera obscura. Ada lebih dari 70 hantu yang bisa didapatkan, termasuk beberapa hantu dari seri pertama dan kedua Fatal Frame.


Spirit Camera: The Cursed Memoir (2012)

Ini adalah sebuah spin-off Fatal Frame series untuk platform Nintendo 3DS. Dirilis di Jepang, Eropa dan Amerika Utara. Game ini memiliki sebuah mode yang bernama Project Zero (atau Fatal Frame di versi Amerika Utara) seperti di seri utamanya.


Fatal Frame: Shadow Priestess (2014)

Fatal Frame: Shadow Priestess adalah manga karya Seimaru Amagi. dipublikasikan oleh DeNA untuk aplikasi Manga Box mereka.

Trivia: Banyak hal dalam seri video game Fatal Frame merujuk kepada seorang karakter fiksi bernama Kunihiko Aso yang hidup di akhir abad 19. Diceritakan bahwa salah satu penemuan orang ini adalah camera obscura yang dijadikan senjata utama di Fatal Frame. Berbagai petunjuk mengenai penemuannya yang lain dan sejarah kehidupannya pun dapat ditemukan di berbagai seri Fatal Frame.

References
http://en.wikipedia.org/wiki/Fatal_Frame
http://zero.wikia.com