Greetings, everyone. Kali ini gue bakal ngebahas satu lagi event yang ngga kalah seru dari event-event yang pernah gue bahas s...

Event Review - Ippan Matsuri UPI 2014

 
Greetings, everyone. Kali ini gue bakal ngebahas satu lagi event yang ngga kalah seru dari event-event yang pernah gue bahas sebelumnya. Event ini diselenggarain di UPI tanggal 27 April--This time last year I would be watching DragonForce. I might post the photographs later on tumblr.--sebelum diadainnya Hajat Seni Rupa UPI 2014 yang gue bahas di postingan sebelumnya.


Sebelum gue bahas event-nya, gue mau bahas dulu salah satu komunitas kecil yang udah ngeramein event tersebut. Kalian liat foto-foto banner yang di atas itu? Itu banner resmi Daigaku no Shumi Kurabu UPI. Nah, bagi yang belum tau, Daigaku no Shumi Kurabu (lit. Klub Hobi Jepang Universitas) adalah sebuah komunitas yang dibentuk pada tahun 2013 oleh beberapa mahasiswa jurusan Ilmu Komputer di UPI.

Di antara mahasiswa-mahasiswa Ilmu Komputer itu, dua makhluk bernama Zenna dan Alfi adalah seenggaknya yang gue tau termasuk admin sejak Daigaku no Shumi Kurabu didirikan. Adapun, waktu pertama gue ikut gath, kayaknya banyak juga 'sesepuh' (mahasiswa angkatan atas) dari jurusan ini yang nyempetin dateng bentar. Kabarnya sih mereka udah pada diwisuda (awal tahun ini, kalo ga salah). Bahkan ada yang difoto pake toga sambil bawa mokit. :v

Selain itu, dari jurusan Ilmu Komputer ada juga Irfan (ade gue, ternyata dia juga ikutan yang begininan), Dendi, Krisnanda, Salman, Rizki, Dimas, Uga, Yuda, dan beberapa makhluk lainnya. Sementara dari jurusan Bahasa Inggris yang lumayan keliatan aktif diantaranya ada gue, Zamzam, Irfan 'Pedo Bear', Radit, Rey, Tia, Fiqih, Fina, Syifa dan Nana. Rendi sama Ismi yang seangkatan sama gue juga anggota komunitas ini, cuma yah jarang muncul aja. Tapi si Rendi juga ternyata hadir pas Ippan matsuri ini. Sebagian besar anggota Daishiku yang lumayan aktif emang datengnya dari jurusan Ilmu Komputer dan Bahasa Inggris.

Even then, anggota dari jurusan lainnya juga banyak. Contohnya ada Cindy, Wenni dan dua orang lainnya yang sempet ngebantuin pembuatan banner (belakangan diketahui bahwa nama mereka adalah Dea dan Sita) dari jurusan Manajemen Pariwisata, Winalda dari Arsitektur, Nadia dari Matematika, Lia dari Administrasi Pendidikan. Bahkan ada si Yunan, mahasiswa ENHAII yang nyasar ngikut ke komunitas ini. Dia adalah spesialis yoyo, pemain biola, gudang anime--dan yang terpenting(?)--pembuat onigiri yang handal. Oh ya, buat yang suka Lumina Scarlet, katanya ada juga anggotanya yang 'diculik' ke grup FB Daigaku no Shumi Kurabu. Emang anak UPI sih katanya, cuma gue ngga tau siapa. :p

Awalnya, komunitas ini bernama Meganity. Mungkin kependekan dari anime/manga university/unity? Gue ngga terlalu tau, tapi kalo singkatannya gitu mungkin kesannya komunitas ini cuma fokus ke anime/manga. Jadi, si Zenna pun ngadain vote di grup FB buat ngeganti nama komunitas ini. Dan terpilihlah nama Daigaku no Shumi Kurabu, bisa disingkat juga jadi Daishiku. Dengan nama ini, harapannya komunitas ini ngga cuma fokus anime & manga aja, tapi juga ke hobi lainnya (macam cosplay, game, tokusastu, j-drama, dll) yang berhubungan dengan Jepang maupun budayanya.

Sekarang mari kita bahas kaitan antara Daishiku sama Ippan Matsuri. Ippan Matsuri ini event tahunan jurusan Bahasa Jepang UPI. Sebelum yang tahun ini, gue pernah dateng dua kali di tahun-tahun sebelumnya. Mungkin ntar gue upload juga foto-fotonya di #NostalGigMoments. Nah, event inilah yang jadi debut Daishiku untuk muncul ke permukaan. Semacam go public gitu.

Sebelum event ini dimulai, kami berkumpul untuk diskusi apa aja yang bakal kami lakuin di event ini. Kami pun memutuskan untuk ngebuat sebuah banner dan ngebuka lapak kecil. Bannernya kami buat sendiri tepat sehari sebelum event dimulai. Sedangkan, di lapak yang kami gelar, kami nyediain baca manga/majalah gratis, bagi-bagi file anime gratis, sama battle kartu Yu-Gi-Oh! (digital dan manual) gratis. Beberapa dari kami pun ada yang ber-costreet ria di event ini.

Lumayan banyak anggota kami yang dateng, lumayan banyak juga koleksi yang kami pajang waktu itu. Dan alhamdulillah, banyak juga pengunjung yang ngasih perhatian ke lapak kami, terutama di baca manga/majalah gratis yang paling laris. Bahkan ada yang sengaja minta contact person karena tertarik ke komunitas kami. :']

We are here to have a revenge to those titans! Uh, wait, heck no. We are here to give prayers to those who have fallen. May their souls rest in peace.
Panggung yang ada lebih besar dari tahun-tahun lalu. Waktu itu event ini cuma diadain di belakang gedung FPBS, sih. Kali ini diadain di Gymnasium, jadi lebih luas tempatnya. Bisa diliat di foto di atas, ada kakek-kakek yang cosplay jadi salah satu karakter di Shingeki no Kyojin. Kakek ini ngumumin kalo ada tiga cosplayer yang meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu-lintas. Beberapa detik pun didedikasiin buat ngedoain mereka.

Seperti yang kalian liat di foto, awan mendung mulai dateng buat ngeguyur event ini. Ngga berapa lama, datenglah si hujan. Dan kami pun gulung lapak. Menuju pengungsian!


Suasana 'tempat pengungsian'. Udah reda sih ujannya.
Dari kiri ke kanan: Dendi yang ketangkep kamera, sepertinya lagi ngelamunin yang bagus2(?), gue, Rey dan entah itu sebelahnya tubuh siapa(?)
Waktu lagi nongkrong di 'tempat pengungsian', Cindy yang cosplay jadi pramugari SNSD(?)--gue sampe sekarang gatau dia ngosplayin chara apaan hahaha--bawa wig hitam yang dia pake buat cosplay jadi Sadako di event yang dia hadirin sebelumnya. Ga ada kerjaan, gue pun nyoba wig itu. Hasilnya seperti yang kalian liat di atas. Semacam gabungan John Lennon dan Manusia Gua. :Y
 
Gloria on stage
Banyak band keren yang manggung di event ini. Yang kefoto sama gue cuma Gloria ini. Mereka ngecover lagu-lagunya Diaura sama D=Out. Visual kei abis.


Loli. Kami bertemu dua loli. Nggak tau awalnya gimana. Tau-tau mereka nongol aja dan jadi pusat perhatian. Gambar di atas yang sebelah kiri diambil pake kamera Yuda, sementara yang di kanan pake kamera HP gue. Jauh banget kualitasnya.


Of all things, gue ikut difoto sama seseorang yang cosplay jadi Gokai Red. Kostumnya rapih dan bagus banget. Di foto ini kesannya gue berubah jadi dia gitu.
Yah, segitu dulu, deh. Kalo tertarik dan pengen join sama komunitas Daigaku no Shumi yang gue bahas tadi, kalian bisa search aja di FB dan twitter. You're always welcome =]. Begitu juga kalo ada event, cari aja banner kami. Anggota-anggota kami pada jinak, kok. Ngga gigit. If you find us, make sure to drop by and say hi.

Oh ya, beberapa minggu yang lalu gue sama anak-anak Daishiku juga sempet ngehadirin Nihon no Matsuri di Universitas Telkom. Kami gila-gilaan di sana. Mungkin ntar kalo ada waktu bakal gue post juga. Until then, see you next post!

Photo credits: Wildan, Yuda, Yunan, Dimas, Uga

0 respon: