Tahun 2016 sempat terdengar desas-desus bahwa My Chemical Romance akan kembali bersatu dalam sebuah band. Hal ini praktis memancing bera...

Weekly Playlist - The Greatest My Chemical Romance Mashups


Tahun 2016 sempat terdengar desas-desus bahwa My Chemical Romance akan kembali bersatu dalam sebuah band. Hal ini praktis memancing beragam spekulasi dan ekspektasi dari fans. Meski kabar itu ternyata hanya 'candaan' dari representatif My Chemical Romance dalam rangka perilisan ulang album The Black Parade, ini membuktikan bahwa bahkan sampai sekarang masih banyak yang berharap My Chemical Romance tampil kembali sebagai suatu kesatuan.

Tidak dapat dipungkitri, kehadiran band bernama My Chemical Romance (MCR) berhasil mendefiniskan emo ke pada dunia. Meski pergerakan musik emo dimulai dari band-band seperti Rites of Spring dan Fugazi di tahun 90-an, emo secara gaya hidup dibangkitkan oleh band-band bernuansa kelam dan dipadukan dengan unsur horror. My Chemical Romance merupakan salah satu dari mereka yang benar-benar menjadi trendsetter gaya hidup emo, baik itu dari segi musik yang disajikan dan pakaian yang dikenakan.

Di samping kesuksesannya, banyak yang menyayangkan padamnya api emo yang dielu-elukan oleh banyak fans harus hilang dengan disband-nya My Chemical Romance. Album terakhirnya, "Danger Days", yang dianggap terlalu konseptual dan berkiblat pada filem Blade Runner menuai mixed review sejak mereka merilis single "Na Na Na". Akhirnya mereka bubar setelah sempat menelurkan beberapa single di tahun 2013.

Biarpun begitu, beberapa lagu andalan MCR yang berhasil menanamkan lasting impression di benak para pendengarnya tetap sering terdengar dimainkan sampai sekarang.

Namun, apa jadinya jika lagu-lagu tersebut 'digabung' dengan lagu lain? Apakah akan terdengar seasyik dahulu? Berikut adalah beberapa mashup terbaik yang mungkin saja dapat memberikan perspektif baru pada penggemar MCR mengenai lagu-lagu andalan mereka.

Kebanyakan video di bawah diunggah oleh InanimateMashups. Ia juga berusaha membuat sebuah album mashup yang terdiri dari lagu-lagu My Chemical Romance di album The Black Parade dengan lagu lain. Sayangnya, tidak semua mashupnya terasa pas. Jadi hanya beberapa saja yang dicantumkan di sini.

1. Dead Misery!


2. Dead Misery 2.0



Hei. Bukankah ini brilian? Dua mashup di atas benar-benar terdengar seakan Paramore dan My Chemical Romance bertukar lagu. Pada satu bagian bahkan dapat terdengar suara Gerard Way. Solo gitar dari Misery Business-nya Paramore pun ikut ditambahkan. Di lagu Dead Misery! memang tempo vokalnya dinaikkan untuk mengimbangi lagu Dead dari MCR yang cepat. Setidaknya, pembawaannya tidak menabrak chord progression yang ada.

Di Dead Misery 2.0 malah timing solo gitarnya terbilang unik dalam membangun lagu. Tempo vokalnya lebih stabil. Kesan ceria bisa didapatkan saat Gerard Way bernyanyi, "lalalalalala". Keduanya menghasilkan lagu yang bersemangat dalam ciri khas vokal Gerard Way dan Hayley Williams.

3. Brick By Dead! Boring Brick


Lagu ini tidak boleh ketinggalan. Kalau di Dead Misery! tempo vokalnya terasa sekali dipercepatnya, di lagu ini lebih stabil. Di samping itu, mashup yang diunggah Sweetsugarhoney mempunyai kualitas mix yang lebih baik daripada Dead Misery!

4. Helena Baby


5. Helena Baby 2.0


Adapun beberapa mashup terdengar lucu seperti Helena Baby dan Helena Baby 2.0 di atas ini. Beberapa komentar di videonya menunjukkan bahwa tidak sedikit penggemar yang merasa janggal dengan mashup ini, tetapi tetap menyukainya entah mengapa. Ada pula yang menganggap ini adalah tindakan durhaka karena menggabungkan lagu MCR dan Justin Beiber yang notabene berada di arus tengah dengan musik yang lebih pop. Bayangkan saja jika MCR sebuah boyband dan Justin Beiber sedikit pindah haluan menjadi rock star, sembari masih mempertahan cara bernyanyinya yang santai.


6. Photograph of Helena


Masih berkaitan dengan pop, mashup ini menggabungkan lagu Photograph milik Ed Sheeran dan Helena. Meski tempo vokalnya mesti dipercepat untuk menyesuaikan dengan instrumentalnya, lagu ini menghadirkan nuansa baru dalam hal vokal latar yang terdengar lebih menonjol, semata karena instrumentalnya lebih minimalis ketimbang musik pengiring Helena originalnya.


7. Disenchanted Effort


Di lagu ini MCR dihadapkan dengan Pink! Alih-alih mendayu-dayu seperti di versi original Disenchanted, lagu ini menghadirkan semangat kekinian dengan unsur musik elektronik seperlunya, dengan takaran yang sangat pas dan diramu dengan rapi.


8. Famous Last Trees


Mungkin judul lagu ini terdengar aneh jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Pohon-Pohon Beken Terakhir? Yang benar saja. Masih dalam nuansa pop elektronik minimalis, perpaduan twenty one pilots dan MCR ini menghadirkan synth yang menyerbu digabungkan dengan beberapa modifikasi vokal berupa echo. Timing-nya pun jadi sangat pas seiring berjalannya lagu.


9. How True Friends Disappear


Mari berangkat ke arah musik yang lebih keras. Kali ini MCR seakan berkolaborasi langsung dengan BMTH dalam satu panggung. Intro awal yang extended mendramatisir lagu ini dengan baik. Hasilnya, atmosfir yang dibangun lagu ini sangat kuat, menyajikan tema masing-masing lagu originalnya yang bersinambungan,.


10. The Kill + This Is How I Disappear


Bisa dibilang, ini adalah salah satu magnum opus mashup MCR yang pernah ada. MCR dan 30 Seconds to Mars? Ini seperti mimpi menjadi nyata, mengingat akar genre mereka serupa. Meski tidak sekeras mashup dengan BMTH, dan diisi oleh vokal Jared Leto yang temponya dipercepat, lagu ini tidak kalah memberi semangat yang menggebu-gebu pada pada pendengarnya. Di tengah-tengah lagu juga ada semacam surprise bagi mereka, yang bisa jadi sama sekali tidak akan terduga.

Demikianlah senarai mashup My Chemical Romance terbaik yang pernah ada. Mana yang jadi favoritmu? Jika kamu punya mashup yang lain yang seharusnya dimasukkan ke senarai ini, pastikan kamu menulisnya di kolom komentar.

0 respon: