AVALANCHE adalah fan-made game yang dibuat oleh Rich Whitehouse untuk platform PC. Game ini bergenre action dan hack and slash sepert...

AVALANCHE


AVALANCHE adalah fan-made game yang dibuat oleh Rich Whitehouse untuk platform PC. Game ini bergenre action dan hack and slash seperti Devil My Cry. Di game ini, player berperan sebagai Tifa yang mengumpulkan mako dengan bertarung melawan monster-monster dari mulai Soldier, Hellhound, Iron Giant, Hill Gigas sampai Tonberry secara real time. 

Game ini mengambil setting setelah ending Final Fantasy VII dimana Barret, Tifa dan Cloud, tiga anggota AVALANCHE yang tersisa, menemukan bahwa ada satu reaktor mako lagi yang belum hancur. Di dalam reaktor tersebut mereka melihat bayang-bayang Sephiroth yang sudah dikalahkan oleh Cloud sebelumnya di Final Fantasy VII. Kemudian Cloud tiba-tiba terlihat seperti dalam kondisi trance dan tidak dapat bertarung. Tifa dan Barret kemudian mencari cara untuk memulihkan kondisi Cloud seperti semula (spoiler ends here, mwahaha).

Secara keseluruhan gameplay-nya sangat asik. Tifa sebagai karakter utamanya punya keahlian yang versatile alias serba bisa. Dia bisa pake pedang, dual gun punya Aya Brea, bahkan bowling pin, lol. Oh ya, dia bisa naek chocobo juga, haha XD. Skill-skill khusus juga bisa dia dapatkan dari mako yang telah dikumpulkannya. Dulu sayah maen game ini pas Ramadhan, dan ternyata game ini lumayan juga buat ngabuburit hahaha. Musuh-musuh di game ini seringkali muncul dalam jumlah yang banyak seperti di Dynasty Warriors series, apalagi di ‘bonus dungeon’-nya. Namun, ada juga musuh-musuh yang walaupun ga keroyokan tapi bisa bikin adrenalin naik kayak Tonberry dan Iron Giant (termasuk si Final Boss), karena kalau lengah sedikit bisa fatal akibatnya.

Satu lagi hal menarik di game ini adalah bahwa BGM yang digunakan merupakan aransemen fans di album Final Fantasy VII: Voices of the Lifestream. Dengan kata lain, fan-made game accompanied by fan-made music. Fascinating!

Di sekitar tahun 2011, entah kenapa sayah tidak bisa menemukan file game ini di website resminya. Sepertinya Rich Whitehouse telah menghapusnya pada saat itu. Tapi, saat sayah cek lagi hari ini ternyata ada filenya. Mungkin saat itu Rich Whitehouse melakukan update pada game ini.

Gamenya bisa didownload di:

Oh ya, ternyata udah ada juga yang bikin walkthroughnya dalam bentuk video baik itu di YouTube atau web lainnya. Ini salah satunya:


References
http://finalfantasyplanet.blogspot.com/2010/12/final-fantasy-vii-avalanche.html 
(Big thanks to darkbahamut for giving heads-up about this game)  
http://www.gameanyone.com/game/PC/6176.html 
(Thanks to DuragonLeMente for creating the walkthrough.)
http://www.telefragged.com/thefatal/ava/index.php?content=inc_download.htm 
http://www.richwhitehouse.com/index.php?content=inc_projects.php&filemirror=avalanche_v08a.zip (Special thanks to Richard Whitehouse for creating this game. Your game rocks!)