The game's official logo. Chaos side. Cosmos side. Akhir-akhir ini gue lagi sering dengerin (lagi) lagu-lagu dari D...

Dissidia 012 Final Fantasy Original Soundtrack

The game's official logo.

Chaos side.
Cosmos side.
Akhir-akhir ini gue lagi sering dengerin (lagi) lagu-lagu dari Disc 1 album Dissidia 012 Final Fantasy. Cuma download Disc 1-nya aja sih, soalnya kurang familiar sama kebanyakan lagu di Disc 2 & 3. XDa

Di album ini ada track yang emang original soundtrack gamenya, track aransemen baru dari seri-seri Final Fantasy sebelumnya, maupun yang masih aransemen lama. Contohnya, track Gurgu Volcano / Mount Gulg yang masih oh-so-nostalgic 8-bit, dibandingkan track lain yang aransemennya udah "orchestratic" dan lebih variatif karena format awalnya udah MIDI atau di atasnya. Oh ya, 1 Disc ini seperti biasa, kayak kebanyakan album soundtrack Final Fantasy series lainnya, lumayan banyak track-nya. In case of Disc 1 ini, ada 44 track.

Yang bisa gue rekomendasiin paling aransemen baru dari lagu Chaos Shrine yang jadi instrumental heavy metal. Terus ada juga aransemen yang fresh dari lagu Matoya's Cave, Force Your Way, Suspicion, Yuna's Theme, Tifa's Theme, Crystal Cave, A Contest of Aeons, Dungeon, dan beberapa battle theme yang mungkin udah ngga asing di telinga kalian yang suka sountrack Final Fantasy series. Selain itu, lagu yang dibuat khusus original sountrack Dissidia 012 Final Fantasy (presumably in-game original tracks) juga lumayan enakeun didengerin. Dan alhasil tahun lalu Takeharu Ishimoto, lead composer album ini, pun jadi salah satu top artists yang paling sering gue scrobble di last.fm, hahaha.

Buat yang mau download Disc 1-nya, silakan download aja di sini:
http://www.mediafire.com/?kd5sldfxvhdt52l
Credit goes to the original uploader.

Ngomong-ngomong, gue jadi keingetan dulu ada yang ngasih tau di grup Community of Final Fantasy Indonesia (CoFFI) kalo ada semacam album tribute to Final Fantasy yang judulnya "Thank You" kalo ga salah. Ada yang punya info tentang dimana bisa download album itu? Sepertinya menarik juga waktu liat previewnya sih. Yah, segitu dulu deh post kali ini. See ya!

Fan art yang gue temuin di tumblr kalo ga salah. Semua cast Duodecim pake jubah hitam a la Organization XIII. Credit goes to the original artist.