Final Fantasy Endless Nova adalah fan-made game yang dibuat oleh Delita Hyral X di http://velv.net . Terdapat banyak elemen yang umum...

Final Fantasy Endless Nova



Final Fantasy Endless Nova adalah fan-made game yang dibuat oleh Delita Hyral X di http://velv.net. Terdapat banyak elemen yang umum dari Final Fantasy series di game ini, bahkan beberapa fitur gameplay-nya juga terinspirasi dari sana. Mungkin karena itulah banyak orang yang menganggap game ini pantas disejajarkan dengan Final Fantasy VI.

Ada 7 playable character yang tersedia di game ini. Setiap karakter memiliki job spesifik masing-masing seperti di Final Fantasy IV, dari mulai job tipikal swordman, thief, monk, blue mage, geomancer, android(!?), sampai chemist-doll(???). Ada 18 summon yang bisa didapatkan dan sekitar 300 map yang bisa dijelajahi, (ada casino, mall dan arcade juga, mirip seperti yang di game-game Pokemon itu, haha) belum lagi banyak side-quest yang bisa dimainkan.

Dari segi gameplay, game ini menggunakan sistem stat-grinding seperti Final Fantasy II. Namun, fitur-fiturnya sangat banyak yang terinspirasi dari Final Fantasy VIII, dari mulai fitur draw, ability, magic, summon junction, item refinement, dll. Sebagai tambahan, terdapat juga fitur Desperation Attack dan relic seperti di Final Fantasy VI, walaupun jumlah relic yang tersedia masih lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di Final Fantasy VI.

Kebanyakan soundtrack yang digunakan di game ini juga berasal dari Final Fantasy VIII. Adapun soundtrack dari seri Final Fantasy lainnya, seperti Final Fantasy VI, VII, IX dan X, juga lumayan banyak digunakan di berbagai tempat dalam game ini. Contohnya BGM kota Treno dari Final Fantasy IX yang digunakan di Auction House dan Museum, dan lagu “The Forested Temple” dari Final Fantasy VII yang digunakan di Astral Tower dengan sedikit perubahan pada tempo-nya. Ada juga 2 track hasil aransemen fans yang digunakan sebagai battle theme dan victory fanfare.

Selain itu, digunakan juga lagu-lagu soundtrack dari game lain seperti Wild Arms 2 Ignition, Mega Man & Bass, Breath of Fire III, Chrono Trigger, Chrono Cross, Secret of Mana, Secret of Evermore, Street Fighter Alpha series, F-Zero, Samurai Showdown, Skies of Arcadia, Tales of Phantasia, Guilty Gear X, bahkan ada juga lagu-lagu soundtrack dari Sailormoon versi game dan animenya, lol~ (Btw versi MIDI dari lagu Duvet-nya BoA juga dipake di title screen game ini, pantesan kedengeran familiar pas pertama denger XD).

Seperti Final Fantasy Dimension, game ini juga berupa aplikasi yang bisa dimainkan di PC. Sebelum game ini bisa dimainkan, aplikasi RPG Maker 2000 perlu diinstall terlebih dahulu. Game-nya bisa didownload di http://velv.net/FFEN.html dan RPG Maker 2000-nya bisa didownload di http://www.abandonia.com/utility/RPG%20Maker%202000.exe.

References:
http://velv.net

0 respon: